SYARAT DAN KETENTUAN

Revisi Syarat dan Ketentuan ini Berlaku efektif sejak tanggal 17 Juli 2024, versi ke-4.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan (“Syarat dan Ketentuan”) dibuat oleh PT Inclusive Finance Group (“Perusahaan”, “Danacita”, atau “Kami”). Saat Anda menggunakan, mengakses https://danacita.co.id pada situs, atau media digital lainnya atau media (masing-masing dan secara bersama-sama disebut “Situs”), baik ketika Anda telah melakukan pendaftaran untuk menggunakan produk atau layanan pendanaan pendidikan yang disediakan pada Situs (“Layanan”).

Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda telah mengetahui, membaca, memahami, dan menyetujui seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan ini begitu pun dengan perubahannya dari waktu ke waktu dan Anda setuju untuk terikat secara penuh dengannya.

Apabila Anda tidak setuju, tidak memahami secara menyeluruh atau memiliki pengecualian terhadap isi dari Syarat dan Ketentuan Ini, Anda dapat meninggalkan Situs ini.

SYARAT PENGGUNA

Untuk “Pelajar atau Penerima Dana”

Setiap pelajar yang bukan berkewarganegaraan Indonesia dan setiap orang yang berusia di bawah 18 tahun tidak diizinkan untuk menggunakan atau mengakses Layanan, kecuali dengan berdasarkan persetujuan dari orang tuanya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan atau mengakses Layanan apabila Anda dilarang untuk menggunakan Layanan berdasarkan hukum yang berlaku atau permohonan Anda dibatalkan atau ditolak dari sistem Layanan Kami.

Untuk “Wali”

Orang perseorangan yang cakap hukum dan merupakan warga negara Republik Indonesia yang memiliki hubungan darah dan/atau kekerabatan dengan Pelajar sehingga dapat menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam segala tindakan Pelajar.

Untuk “Pemberi Dana”

Orang perseorangan dan/atau badan hukum yang didirikan, berdomisili dan/atau melakukan kegiatan usaha baik di dalam atau di luar wilayah Republik Indonesia berdasarkan hukum yang berlaku di setiap yurisdiksi yang dimaksud.

Untuk “Lembaga Mitra”

Lembaga pendidikan formal (universitas, institut, dst.) dan non-formal (kursus atau bimbingan belajar, dst.) yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berdomisili serta melakukan kegiatan operasional di wilayah Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Danacita untuk proses penyaluran pendanaan.

Dengan ini Anda mengizinkan Perusahaan sebagai pengendali data pribadi untuk menggunakan upaya yang sepatutnya untuk melakukan verifikasi identitas Anda (termasuk membagikan data pribadi yang Anda berikan kepada kami melalui Situs ini) dengan Lembaga Mitra atau pihak ketiga penyedia jasa yang bekerja sama dengan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada biro kredit, dengan tetap tunduk pada Kebijakan Privasi.

BATASAN PENGGUNAAN

Anda setuju untuk mematuhi seluruh Syarat dan Ketentuan, peraturan perundang-undangan dalam menggunakan Aplikasi dan Layanan kami. Selain itu, Anda setuju untuk tidak melakukan tindakan sebagai berikut:

  • mendaftar lebih dari satu akun, atau mendaftar untuk dan atas nama orang lain selain diri Anda sendiri atau atas nama kelompok atau entitas;
  • mengunggah atau membuat konten yang dapat membuat fitnah atau menghina atau hal yang dapat melanggar hak orang lain atau hal yang dilindungi oleh hak cipta, merek, atau hal lain yang melanggar hukum;
  • mengunggah atau membuat konten yang menurut pertimbangan Perusahaan dapat ditolak, seperti konten yang berbahaya, menakut-nakuti, menghasut, asusila, penipuan, melanggar privasi atau hak publikasi, kebencian, atau hal lain yang dapat ditolak, atau yang membatasi atau menghambat orang lain untuk menggunakan Situs, atau hal yang dapat membuat kerugian pada Perusahaan atau pengguna Situs atau pertanggung jawaban lainnya;
  • mengunggah atau membuat pemasaran yang tidak diperkenankan atau tidak diizinkan, hasutan, bahan-bahan promosi, atau bentuk hasutan lainnya;
  • menggunakan informasi atau isi dari Situs untuk mengirimkan pesan yang tidak diinginkan oleh pengguna lainnya;
  • mengakui sebagai orang lain atau pihak lain, atau memberikan informasi yang salah atau memberikan informasi yang tidak sesuai dengan diri Anda, umur Anda atau hubungan Anda dengan orang lain atau pihak lain;
  • mengunggah atau membuat sebuah informasi pribadi atau finansial pada Situs atas milik pihak ketiga;
  • meminta kata sandi atau informasi identitas pribadi untuk komersial atau tujuan yang tidak dibenarkan secara hukum;
  • menggunakan Situs atau produk-produk dan layanan-layanan dalam cara apapun yang dapat merusak, membuat tidak dapat digunakan, membebani atau merusak Situs;
  • mengumpulkan nomor telepon atau informasi kontak lainnya dari pengguna lain dari Situs dengan cara elektronik atau apa pun, termasuk menggunakan automated scripts; dan/atau
  • mengunggah atau membuat material apa pun yang berisi virus atau kode komputer lainnya, dokumen atau program yang diciptakan untuk menginterupsi, menghancurkan atau membatasi fungsi perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan telekomunikasi.
PENDAFTARAN DAN PENGAJUAN

Dalam membuat akun pengguna Anda (“Akun”), Anda setuju dan menjamin untuk memberikan informasi yang benar, terkini, lengkap dan akurat pada formulir pendaftaran atau pengajuan yang mana hal tersebut penting bagi Kami untuk memberikan Layanan. Apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, tidak terkini, atau tidak lengkap, maka Kami mencadangkan hak Kami secara penuh untuk dapat membatalkan pendaftaran, menolak atau membatalkan pengajuan yang Anda lakukan, serta membatasi Anda dalam penggunaan Situs ini dan Layanan Kami. Perusahaan juga mencadangkan haknya untuk menolak pendaftaran, menolak akses pada Situs dan/atau menolak pengajuan pendanaan dalam hal pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

Anda menyetujui bahwa Danacita, atas hak/diskresi penuh, dapat menggunakan tanda tangan digital dalam penandatanganan setiap dokumen, atau dalam bentuk elektronik lainnya untuk mengkonfirmasi persetujuan dan penerimaan yang sah atas pengajuan Anda dan pada Layanan Kami. Pengajuan Anda pada Layanan kami tidak dapat ditolak keabsahannya hanya semata-mata karena ditandatangani secara elektronik.

Anda telah memahami bahwa dalam hal proses pengajuan pendanaan pendidikan Anda, Kami akan memerlukan proses verifikasi dengan yang membutuhkan proses perekaman suara atau audio, gambar, dan/atau video. Dengan ini Anda memberikan persetujuan Anda atas perekaman tersebut dan memberikan hak milik sepenuhnya kepada Kami atas rekaman tersebut dalam pemberian Layanan.

PENGUMPULAN DAN PENGGUNAAN DATA PRIBADI

Anda wajib memahami bahwa Layanan Kami hanya dapat diberikan apabila Anda setuju untuk mengungkapkan informasi tentang data diri, pendidikan, pekerjaan, keuangan, transaksi-transaksi dan yang termasuk namun tidak terbatas pada data-data yang bersifat personal (“Data Pribadi”) yang mana kemudian akan diverifikasi oleh Perusahaan, atas nama Anda, kepada pihak-pihak terkait (termasuk tapi tidak terbatas pada lembaga pendidikan) yang berdasarkan atas perintah dan otorisasi dari Anda sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 27 tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (“UU PDP”).

OTORISASI DAN SURAT KUASA KHUSUS

Saat Anda menekan tombol “Ajukan Sekarang” dalam pengajuan pendanaan Anda, maka dengan itu Anda menyatakan bahwa Anda telah memberikan wewenang/otorisasi dan menunjuk Perusahaan, sebagai perwakilan Anda yang sah, apabila diperlukan untuk meminta, mendapatkan, menerima dan menjaga semua Data Pribadi yang diperoleh dan disimpan oleh pihak ketiga, dengan tujuan untuk melakukan verifikasi atas Data Pribadi yang Anda telah berikan kepada Kami pada Situs dan untuk memberikan Layanan Kami. “Pihak Ketiga” adalah termasuk Lembaga Mitra, Biro Kredit, dan Agen Penagihan Eksternal (External Collection Agency).

MOHON UNTUK DAPAT MEMBACA SECARA SEKSAMA DAN DENGAN INI MENYATAKAN BAHWA ANDA SETUJU DENGAN OTORISASI DAN SURAT KUASA KHUSUS INI. APABILA ANDA TIDAK SETUJU ATAU MERESERVASI KETENTUAN DALAM OTORISASI DAN SURAT KUASA KHUSUS TERSEBUT, BAIK TERHADAP RUANG LINGKUP ATAU TUJUANNYA, MOHON UNTUK DAPAT MENINGGALKAN SITUS INI.

PRIVASI

Perusahaan akan mengungkapkan Data Pribadi yang Anda berikan untuk keperluan usaha Perusahaan, hanya jika perlu tahu (need-to-know basis), kepada pihak-pihak berikut:

  • Lembaga Mitra
  • Afiliasi Perusahaan dan grup perusahaan;
  • Penyedia jasa pihak ketiga dan mitra untuk mendukung bisnis Kami, seperti biro kredit, agen penagihan, penyedia jasa tanda tangan digital, dan penyedia jasa E-KYC (Electronic – Know Your Customer);
  • Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sebagai pihak yang ditunjuk otoritas sebagai asosiasi resmi Perusahaan;
  • Pemerintah atau otoritas yang memiliki kepentingan untuk mengidentifikasi, mencegah, mendeteksi atau menangani penipuan, pencucian uang, atau tindak kejahatan lainnya, dan tujuan lain yang sah; dan/atau
  • Entitas lain yang disyaratkan secara hukum atau untuk keperluan penegakan hukum.

Apabila Anda bermaksud untuk membatalkan persetujuan atas pemrosesan atau pembagian tersebut, maka Anda dapat melakukan permintaan penghapusan akun dan akan berpengaruh kepada pemberhentian transaksi/pengajuan pendanaan Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan yang terdapat dalam perjanjian pendanaan yang telah Anda tandatangani.

Perusahaan berhak untuk menyimpan Data Pribadi selama Anda melakukan pendaftaran/pengajuan pada Situs dan selama Anda memiliki aktivitas dan transaksi yang berhubungan dengan produk dan Layanan yang Anda ajukan pada Situs; untuk keperluan penentuan, upaya tuntutan hukum, tujuan usaha yang sah; atau sebagaimana yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Data Pribadi Anda akan dimusnahkan dengan cara yang semestinya untuk dapat mencegah pemrosesan, akses yang tidak sah, atau pengungkapan kepada pihak ketiga atau publik, atau mengganggu kepentingan Anda.

Untuk Informasi lebih lanjut tentang pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pemrosesan, pengungkapan, pembagian dan penghapusan Data Pribadi Anda, mohon untuk dapat melihat Kebijakan Privasi Kami.

DENGAN INI ANDA MENYATAKAN BAHWA ANDA TELAH MEMBACA DAN MEMAHAMI HAL TERSEBUT DI ATAS DAN SETUJU TERHADAP PENGUMPULAN, PENGGUNAAN, PENYIMPANAN, PEMROSESAN, PENGUNGKAPAN, PEMBAGIAN, DAN PENGHAPUSAN DATA PRIBADI YANG ANDA BERIKAN ATAU DIKUMPULKAN UNTUK PIHAK-PIHAK YANG DISEBUTKAN DI ATAS, YANG MANA ANDA MENYATAKAN BAHWA TELAH MEMAHAMI BAHWA HAL TERSEBUT DIPERLUKAN UNTUK PENGGUNAAN DAN AKSES PADA SITUS DAN LAYANAN KAMI.

TANGGUNG JAWAB ATAS AKUN

Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan nama pengguna (username), kata sandi (password), akun dan validasi login atau otentikasi informasi yang Anda buat atau berikan pada Situs (“Kredensial Pengguna”). Dengan membuat dan menjaga akun, Anda setuju untuk menjaga kehormatan dalam semua aktivitas dan kewajiban yang timbul dalam penggunaan akun Anda.

Anda setuju dan menyatakan bahwa setiap penggunaan Kredensial Pengguna akan dianggap bahwa diakses oleh Anda, dan apabila suatu pihak ketiga, wajib berdasarkan persetujuan dan otorisasi dari Anda. Setiap dan semua aktivitas atau transaksi-transaksi menggunakan Kredensial Pengguna akan berlaku sah dan mengikat sebagai transaksi yang dilakukan oleh Anda.

Apabila terdapat penggunaan akun Anda tanpa wewenang yang sah atau pelanggaran atas keamanan, Anda dengan ini menyatakan menjamin akan memberitahukan Perusahaan atas peristiwa tersebut dalam kurun waktu 24 jam setelah Anda mengetahui hal tersebut.

PERTANGGUNG JAWABAN ATAS PENYALAHGUNAAN AKUN

Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari penggunaan oleh orang lain atas Kredensial Pengguna Anda, baik itu dengan sepengetahuan Anda ataupun tanpa sepengetahuan Anda. Anda dapat dinyatakan bertanggung jawab atas kerugian yang timbul kepada Perusahaan atas penggunaan Kredensial Pengguna Anda oleh pihak ketiga.

KEAMANAN AKUN

Meskipun Perusahaan telah melakukan segala upaya dengan itikad baik untuk menerapkan sistem keamanan informasi berdasarkan standar ISO 27001 dan peraturan perundangan-undangan perlindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia (dari waktu ke waktu), Kami tidak memberikan jaminan sehubungan dengan hal tersebut. Anda dengan sadar bahwa pemberian Data Pribadi merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda sendiri atas segala risiko yang ada.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Desain, merek dagang, merek jasa, dan logo pada Situs (“Merek”), dimiliki atau lisensi dari Perusahaan, merupakan hak cipta atau kekayaan intelektual lainnya yang diatur dalam hukum Indonesia. Anda tidak dapat menggunakan, menyalin atau mendistribusikan setiap Merek yang ada dalam Situs selain yang diizinkan secara tertulis oleh Perusahaan.

LISENSI ATAS PENGGUNAAN SITUS

Kecuali dinyatakan lain, kami dan/atau pemegang lisensinya memiliki hak kekayaan intelektual atas Situs dan materi di dalam Situs. Dengan tunduk pada lisensi di bawah ini, semua hak kekayaan intelektual ini dilindungi. Anda dapat melihat, mengunggah hanya untuk keperluan caching, dan mencetak halaman dari Situs untuk keperluan pribadi Anda, dengan tunduk pada batasan yang disebutkan di bawah ini dan batasan di tempat lainnya yang ada dalam Syarat dan Ketentuan ini. Anda dilarang sebagai berikut:

  • mempublikasikan kembali materi Situs ini (termasuk mempublikasikan kembali pada Situs lain);
  • menjual, menyewakan atau mensublisensikan materi dari Situs;
  • mereproduksi, menduplikasi, menyalin atau memanfaatkan materi dalam Situs ini untuk tujuan komersial;
  • mengedit atau memodifikasi materi apapun dalam Situs; dan
  • mendistribusikan materi dari Situs ini kecuali untuk konten yang secara khusus dan secara tegas memang untuk didistribusikan.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda sehubungan dengan isi atau penggunaan atas Situs ini:

  • untuk kerugian tidak langsung, kerugian khusus ataupun konsekuensial yang mungkin Anda alami; dan
  • untuk kerugian bisnis, kehilangan pendapatan, pendapatan, keuntungan, kehilangan kontrak atau hubungan bisnis, kehilangan reputasi atau nama baik, atau kehilangan atau kerusakan atas informasi atau data yang mungkin Anda alami.
PELANGGARAN ATAS SYARAT DAN KETENTUAN

Tanpa mengurangi hak-hak Kami yang lain berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, jika Anda melanggar persyaratan dan ketentuan ini dengan cara apa pun, kami dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk menangani pelanggaran tersebut tanpa kewajiban apapun untuk menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu maupun pemberitahuan sesudahnya kepada Anda, termasuk menangguhkan akses Anda ke Situs, melarang Anda mengakses Situs, memblokir komputer menggunakan alamat IP (Internet Protocol) Anda untuk mengakses Situs, menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk meminta mereka memblokir akses ke Situs dan/ atau mengajukan tuntutan ke pengadilan terhadap Anda.

KETERPISAHAN

Apabila terdapat syarat atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan atau sebagian yang dinyatakan tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, maka syarat atau ketentuan lainnya tetap dinyatakan berlaku.

HUKUM DAN YURISDIKSI

Syarat dan Ketentuan ini, bersama dengan Kebijakan Privasi, merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dengan Kami sehubungan dengan penggunaan Situs ini. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

PERUBAHAN ATAS SYARAT DAN KETENTUAN

Perusahaan mencadangkan haknya untuk membuat perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini (“Revisi Syarat dan Ketentuan”) setiap waktu. Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Revisi Syarat dan Ketentuan akan berlaku untuk penggunaan Situs ini sejak tanggal publikasi Revisi Syarat dan Ketentuan tersebut.

Penggunaan Anda pada Situs ini setelah tanggal efektif Revisi Syarat dan Ketentuan akan dianggap sebagai persetujuan Anda pada Syarat dan Ketentuan Terbaru tersebut. Anda wajib meninjau kembali Syarat dan Ketentuan ini dan setiap perubahannya sebelum menggunakan Situs ini.

KONTAK KAMI

Kami terbuka untuk menerima masukan, komentar, menjawab pertanyaan Anda, dan memproses bantuan teknis sebagaimana mestinya, sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda dapat menghubungi kami kapan saja pada email legal@danacita.co.id. Adapun apabila terdapat persoalan atau kesulitan yang Anda alami, Anda juga dapat langsung melaporkan pada fitur Pusat Bantuan pada Situs Kami.

KEBIJAKAN PRIVASI

Revisi Kebijakan Privasi ini berlaku Efektif sejak tanggal 17 Juli 2024, versi ke-4.

Kebijakan privasi ini (“Kebijakan Privasi”) dibuat oleh PT Inclusive Finance Group, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia (“Perusahaan”, “Danacita”, atau “Kami”). Danacita, afiliasinya, dan perusahaan terkait (“ErudiFi Group”) memiliki komitmen untuk menjaga dan menghormati privasi dan Data Pribadi serta tunduk pada peraturan perundang-undangan terkait privasi dan pelindungan Data Pribadi di Indonesia yakni Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan peraturan turunannya.

Informasi Pribadi yang Kami kumpulkan merupakan informasi yang kami dapatkan dari kegiatan, perilaku, ataupun data yang kami kumpulkan dari Anda (“Informasi Pribadi”) dan Data Pribadi yang Kami kumpulkan berupa data tentang data diri, pendidikan, pekerjaan, keuangan, transaksi-transaksi, dan yang termasuk namun tidak terbatas pada data-data yang bersifat personal (“Data Pribadi”). Informasi Pribadi dan Data Pribadi hanya dapat Kami kumpulkan, kelola, dan gunakan setelah adanya persetujuan dari Anda.

Kebijakan Privasi ini memberikan informasi tentang bagaimana Kami dan/atau ErudiFi Group dalam melakukan pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang kami terima dari Anda atau yang diberikan kepada kami sehubungan dengan penggunaan Situs ini, yaitu Layanan yang kami tawarkan, atau setiap interaksi dengan Kami (seperti mengikuti kegiatan-kegiatan yang Kami selenggarakan). Kebijakan Privasi ini merupakan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan dan segala istilah yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki makna yang sama dengan ketentuan yang ada dalam Syarat dan Ketentuan, kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi ini.

Dengan mengakses dan menggunakan Layanan yang tersedia di Situs ini, Anda menyetujui pengumpulan dan penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini dapat diubah kapan pun dan Anda wajib memeriksa Kebijakan Privasi secara berkala.

Apabila Anda terus menggunakan Situs dan Layanan setelah Kami melakukan perubahan apa pun atas Kebijakan Privasi ini, hal tersebut merupakan pengakuan dan persetujuan atas perubahan tersebut dan Anda mengikatkan diri dengan Kebijakan Privasi yang diubah tersebut. Anda dianjurkan untuk memeriksa dan membaca kembali Kebijakan Privasi ini kapan pun Anda mengunjungi Situs ini untuk memastikan bahwa Anda mengetahui bagaimana Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami akan digunakan.

Privasi Anda sangat penting bagi kami. Kebijakan Privasi ini bertujuan untuk memudahkan Anda memahami hal berikut:

  • Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Kami Kumpulkan dan Terima
  • Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Bagaimana Kami Menyimpan dan Menjaga Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Bagaimana Mengakses dan Mengendalikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Informasi Penting Lainnya tentang Privasi
Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Kami Kumpulkan dan Terima

Kami mengumpulkan informasi dan data tentang Anda saat Anda memberikan kepada Kami, ketika menggunakan Situs atau Layanan Kami, dan ketika sumber lain memberikan kepada Kami, sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

Data Pribadi: Danacita akan mengumpulkan dan memproses Data Pribadi berikut melalui penggunaan Anda pada Situs atau Layanan:

  • Nama lengkap dan detail kontak, termasuk alamat email, alamat, dan nomor telepon;
  • Nomor Pokok Wajib Pakak (NPWP), bukti tempat tinggal, dan pendapatan jika Anda tidak menggunakan Wali sebagai penjamin;
  • Lembaga pendidikan, jurusan, salinan identitas kampus yang Anda berikan, termasuk bukti penerimaan dan tagihan kampus;
  • Data pendidikan lainnya seperti nilai, riwayat pembayaran pendidikan, tunggakan biaya kuliah;
  • Foto atau gambar yang Anda berikan;
  • Nama lengkap Wali, alamat, salinan identitas, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), bukti tempat tinggal dan pendapatan (jika Anda menggunakan wali sebagai penjamin);
  • Nama lengkap dan nomor telepon kontak darurat; dan
  • Akun media sosial yang Anda berikan.

Data dan Informasi Keuangan: Danacita dapat mengumpulkan perilaku pembayaran dan kemampuan pembayaran dan data keuangan lainnya saat Anda menggunakan Layanan kami, seperti:

  • Detail transaksi yang Anda lakukan melalui Situs, termasuk progress pengajuan mulai dari pendaftaran sampai pada persetujuan pendanaan;
  • Produk keuangan yang Anda miliki dengan Danacita, termasuk pemenuhan pembayaran kembali pendanaan, alat pembayaran yang Anda gunakan, tunggakan pembayaran; dan
  • Informasi keuangan tentang pendapatan pada Anda dan orang tua atau wali Anda.

Informasi Melalui Survei dari Tim Customer Success: Danacita juga dapat mengumpulkan informasi ketika Anda mengikuti survei, atau memberikan masukan atau persoalan yang Anda alami dalam menggunakan Situs Kami, termasuk:

  • Catatan setiap survei yang Kami berikan untuk Anda lengkapi demi keperluan riset atau pemasaran; dan
  • Informasi terkait suatu persoalan yang anda alami dengan Layanan, termasuk ringkasan persoalan dan dokumentasi lainnya, screenshot atau informasi yang dapat membantu Kami dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Log Data: Danacita mengumpulkan informasi dari browser yang Anda kirimkan ketika mengunjungi Situs Kami (“Log Data”). Log Data ini termasuk informasi seperti alamat Internet Protocol (“IP”), jenis dan versi browser, halaman pada Situs yang Anda kunjungi, waktu yang Anda gunakan dalam mengunjungi halaman dan data statistik lainnya. Danacita dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengumpulkan, memantau dan menganalisis informasi tersebut.

Cookies: “Cookies” adalah file-file dengan data dalam jumlah yang kecil, yang mungkin menyertakan pengenal unik anonim. Cookies dikirim ke browser anda dari Situs dan disimpan di perangkat keras komputer Anda. Seperti situs pada umumnya, Danacita menggunakan Cookies ini untuk mengumpulkan informasi. Anda dapat menginstruksikan browser Anda untuk menolak semua Cookies atau untuk menunjukkan kapan Cookies dikirimkan. Namun, jika Anda tidak menerima Cookies, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa bagian dari Situs ini.

Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi

Anda dapat diminta untuk menyediakan Data Pribadi saat menggunakan Situs atau Layanan dan secara tidak langsung mendapatkan Informasi Pribadi Anda. Danacita menggunakan informasi dari data tersebut untuk memahami dan menganalisa tren, untuk mengelola Situs, untuk memahami Kebiasaan pengguna pada Situs, untuk meningkatkan Layanan, dan untuk mengumpulkan informasi demografik tentang pengguna secara menyeluruh.

Berikut adalah tujuan-tujuan khusus dari informasi dan data yang kami kumpulkan dari Anda.

Untuk menyediakan Layanan: Kami menggunakan informasi dan data tentang Anda untuk memberikan Layanan kepada anda, termasuk proses transaksi dengan Anda, mengautentikasi ketika Anda masuk (log in), memberikan bantuan konsumen (customer support), mengoperasikan serta memelihara Layanan.

Untuk riset dan pengembangan: Kami menggunakan pembelajaran yang kolektif tentang bagaimana orang menggunakan Situs Kami dan masukan yang diberikan secara langsung untuk menyelesaikan suatu persoalan dan mengidentifikasi tren-tren, penggunaan, pola penggunaan dan peluang untuk integrasi dan peningkatan Layanan.

Untuk berkomunikasi dengan Anda tentang Situs atau Layanan: Kami menggunakan informasi dan data kontak Anda untuk mengirimkan komunikasi melalui email atau pesan dan melalui Situs, termasuk memberikan komentar, pertanyaan dan permintaan, memberikan dukungan konsumen, dan mengirimkan pemberitahuan teknis, pembaharuan, peringatan keamanan, dan pesan-pesan administratif.

Untuk memasarkan, mempromosikan dan mendorong interaksi dengan Situs: Kami menggunakan informasi kontak Anda dan informasi dan data tentang bagaimana Anda menggunakan Layanan untuk Mengirim komunikasi promosi yang mungkin menarik bagi Anda, termasuk melalui email atau pesan, serta pada platform seperti Facebook, Instagram, dan Google. Komunikasi ini ditujukan untuk mendorong interaksi dan memaksimalkan apa yang Anda dapatkan dari Layanan, termasuk tentang fitur baru, permintaan survei, bulletin, dan acara yang menurut Kami menarik bagi Anda. Kami juga berkomunikasi dengan Anda tentang penawaran dan promosi produk baru.

Customer Support: Kami menggunakan informasi Anda untuk mengatasi persoalan teknis yang Anda alami, untuk merespon atas permintaan bantuan, untuk menganalisis informasi crash, untuk memperbaiki dan meningkatkan Layanan.

Untuk keamanan: Kami menggunakan informasi tentang Anda dan kegiatan penggunaan yang Anda lakukan pada Layanan Kami maupun data tentang Anda untuk melakukan verifikasi akun dan aktifitas, untuk memantau aktifitas yang mencurigakan atau tindakan penipuan serta untuk mengidentifikasi pelanggaran atas kebijakan Layanan

Untuk melindungi kepentingan bisnis yang sah dan hak-hak hukum lainnya: Ketika diwajibkan secara hukum atau ketika Kami meyakini bahwa perlu dilakukan untuk melindungi hak, kepentingan dan kepentingan pihak lain, kami menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda sehubungan dengan tuntutan hukum, kepatuhan, dan keperluan audit serta pengungkapan sehubungan dengan akuisisi, penggabungan atau penjualan suatu usaha.

Bagaimana Kami Membagikan dan Mengungkapkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi serta Alasannya

Kami bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu memberikan dan mengembangkan Layanan Kami atau digunakan untuk iklan atau produk terkait, yang dengan demikian memungkinkan untuk dioperasikan dan memberikan layanan yang bebas biaya kepada pengguna. Berikut adalah jenis-jenis pihak ketiga yang dapat kami bagikan informasi dan data tentang Anda:

Lembaga Pendidikan: Kami bekerja sama dengan lembaga pendidikan, baik itu formal (universitas, institut, dst) dan non-formal (lembaga kursus atau bimbingan belajar) untuk memberikan Layanan kepada pelajarnya. Dengan demikian, Kami membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi tentang Anda kepada lembaga-lembaga tersebut, atas persetujuan Anda, untuk dapat memberikan Layanan Kami kepada Anda.

Kami tidak membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang dapat mengidentifikasi Anda secara pribadi (Data Pribadi yang dapat teridentifikasi seperti nama atau alamat e-mail yang dengan itu dapat digunakan untuk menghubungi Anda atau mengidentifikasi siapa Anda) dengan lembaga-lembaga tersebut tanpa persetujuan dari Anda.

Kami dapat menyediakan lembaga-lembaga tersebut informasi tentang jangkauan dan efektifitas produk kami tanpa memberikan informasi dan data yang dapat mengidentifikasi Anda, atau apabila kami telah mengagregat informasi dan data tersebut sehingga tidak dapat lagi mengidentifikasi Anda secara pribadi, dan hanya ketika lembaga tersebut telah menyetujui untuk tunduk pada panduan mitra, termasuk namun tidak terbatas pada Perjanjian Pembagian Data.

Apabila Anda ingin mendapat informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami membagikan informasi kepada lembaga pendidikan, silakan membaca Syarat dan Ketentuan Kami.

Afiliasi, dan Perusahaan Terkait: Kami adalah bagian dari grup perusahaan yang dimiliki oleh Erudifi, Pte. Ltd (yang sebelumnya dikenal dengan “Dana Cita Pte. Ltd”), suatu perusahaan yang didirikan dan tunduk pada hukum Republik Singapura. Kami dapat mengirim informasi dan data kepada afiliasi dan perusahaan terkait, yang mana menyediakan Kami, diantaranya, layanan infrastruktur teknis. Dalam menerima Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, afiliasi Kami serta perusahaan terkait setuju untuk tunduk pada Undang- Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Vendor penyedia jasa dan mitra lainnya: Kami mengirimkan informasi dan data kepada vendor, penyedia jasa, dan mitra lainnya yang mendukung bisnis Kami, seperti memberikan jasa infrastruktur teknis, menganalisa bagaimana Layanan Kami digunakan, mengukur efektifitas iklan dan layanan-layanan, memberikan layanan konsumen (customer support), memfasilitasi pembayaran atau memproses pembayaran (termasuk, dalam hal terjadi wanprestasi, agen penagihan eksternal dan advokat), atau melakukan riset pendidikan dan suvei. Mitra-mitra ini wajib untuk tunduk pada kewajiban mutlak atas kerahasiaan, dalam hal ini Kebijakan Privasi dan perjanjian-perjanjian yang Kami lakukan dengan mereka.

Atas persetujuan Anda: Kami membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga ketika Anda memberikan persetujuan kepada Kami untuk melakukannya. Sebagai contoh, kami sering menampilkan testimoni pribadi dari konsumen pada Situs Kami. Atas persetujuan Anda, Kami dapat mempublikasikan nama beserta testimoni Anda.

Kepatuhan atas Permintaan Penegakan Hukum dan Hukum yang Berlaku; Penegakan Hak-hak Kami: dalam keadaan tertentu, Kami dapat membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga ketika Kami meyakini bahwa hal tersebut perlu, seperti (a) untuk kepatuhan pada hukum yang berlaku, proses hukum atau permintaan dari pemerintah, termasuk untuk memenuhi keperluan keamanan nasional, (b) pelaksanaan perjanjian-perjanjian, Syarat dan Ketentuan, (c) melindungi keamanan atau integritas produk dan Layanan Kami, (d) melindungi Danacita atau konsumen kami atau publik dari tindakan yang membahayakan atau ilegal, atau (e) menanggapi suatu situasi darurat yang mana kami meyakini dengan itikad baik diperlukan untuk mengungkapkan informasi untuk mencegah kematian atau luka serius pada tubuh seseorang.

Bagaimana Kami Menyimpan dan Mengamankan Informasi Pribadi dan Data Pribadi

Keamanan informasi: Kami menggunakan server Google Cloud di Indonesia untuk menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang kami kumpulkan, dan melakukan pengamanan teknis untuk mengamankan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda. Dalam upaya Kami mengimplementasikan pengamanan untuk melindungi Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat dipenetrasi dan atas dasar sifat alami dari internet, Kami tidak dapat menjamin bahwa informasi dan data, selama proses transmisi melalui internet atau saat disimpan dalam sistem Kami atau dalam perlindungan kami, aman dari gangguan pihak lain.

Berapa lama Kami menyimpan informasi: Tentang berapa lama kami menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda tergantung dari jenis informasi dan data. Setelah waktu tertentu, Kami akan menghapus atau menganonimkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, atau jika tidak memungkinkan (misalnya, karena informasi dan data telah disimpan dalam arsip cadangan), maka Kami akan menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dengan aman dan mengisolasinya dari penggunaan lebih lanjut hingga penghapusan telah memungkinkan.

Bagaimana Cara Mengakses Informasi Anda

Anda memiliki pilihan terkait dengan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda. Berikut adalah ringkasan pilihan-pilihan tersebut, bagaimana menggunakannya dan batasan-batasannya.

Pilihan Anda: Anda memiliki hak untuk meminta salinan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, untuk menolak penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda (termasuk tujuan pemasaran), untuk meminta penghapusan atau pembatasan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, atau untuk meminta Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dalam format terstruktur dan elektronik. Anda dapat mengirim pemberitahuan kepada Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami di privacy@danacita.co.id. Anda akan menerima pemberitahuan dan/atau konfirmasi atas status permintaan ini.

Namun demikian, permintaan dan pilihan Anda dapat dibatasi dalam hal tertentu: misalnya, apabila dengan memenuhi permintaan Anda akan mengungkapkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi orang lain, atau apabila Anda meminta untuk menghapus informasi dan data yang mana Kami atau administrator Anda diperbolehkan secara hukum atau terdapat alasan yang sah untuk mempertahankannya. Selain itu, Kami akan tetap memproses dan membagikan dalam hal dipersyaratkan secara hukum, dan peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Apabila Informasi Pribadi dan Data Pribadi diperlukan sesuai dengan permintaan pengadilan;
  • Apabila pengumpulan dan pemrosesan diperlukan dalam pelaksanaan atau sehubungan dengan kontrak atau Layanan antara Anda, Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, penggunaan berkelanjutan Anda pada Layanan Kami; dan
  • Informasi Pribadi dan Data Pribadi dikumpulkan atau diproses atas hasil dari kewajiban hukum di sisi Kami.

Akses, Pengkinian, atau Penghapusan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda: Layanan Kami dan dokumentasi terkait lainnya memberikan Anda kemampuan dalam hal akses, pengkinian, atau penghapusan Informasi Pribadi dan Data Pribadi tertentu tentang Anda dari Layanan Kami. Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa, walau bagaimana pun Kami mungkin perlu untuk menjaga Informasi Pribadi dan Data Pribadi tertentu untuk keperluan pencatatan, untuk melengkapi transaksi atau untuk memenuhi kewajiban-kewajiban hukum Kami.

Permintaan untuk penghentian penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda: Dalam hal tertentu, Anda dapat meminta Kami untuk menghentikan akses, penyimpanan, penggunaan dan pemrosesan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda apabila Anda meyakini bahwa Kami tidak memiliki hak yang sah untuk melakukan hal tersebut, contohnya sudah melunasi kewajiban pembayaran angsuran. Anda dapat mengirimkan permintaan tersebut secara langsung kepada Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami di privacy@danacita.co.id dengan format permohonan sebagai berikut:

  • Nama Lengkap:
  • Nomor telepon terdaftar:
  • Email terdaftar:
  • Alasan penghapusan:

Hentikan Komunikasi: Anda dapat menghentikan penerimaan komunikasi yang bersifat promosi dari Kami dengan menekan link Unsubscribe dalam setiap email, melakukan pengkinian pada preferensi email, atau dengan menghubungi Kami sebagaimana yang Kami sediakan di bawah ini untuk menghilangkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi kontak Anda dari daftar email promosi atau database registrasi. Setelah Anda menghentikan komunikasi dari pesan promosi dari Kami, Anda akan tetap menerima pesan transaksi dari Kami sehubungan dengan Layanan Pendanaan.

Informasi Privasi Penting Lainnya

Perubahan pada Kebijakan Privasi: Kebijakan Privasi ini terakhir diubah dan berlaku efektif pada 17 Juli 2024 dan akan tetap berlaku efektif kecuali terdapat perubahan pada ketentuannya di masa yang akan mendatang, yang mana akan berlaku efektif setelah di publikasi pada halaman ini. Danacita mencadangkan haknya untuk melakukan pembaharuan atau mengubah Kebijakan Privasi setiap waktu dan Anda wajib memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala. Apabila Anda terus menggunakan Situs dan Layanan setelah kami melakukan perubahan apa pun atas Kebijakan Privasi, hal tersebut merupakan pengakuan dan persetujuan atas perubahan tersebut dan Anda mengikatkan diri dengan Kebijakan Privasi yang diubah tersebut. Apabila Danacita melakukan perubahan secara material pada Kebijakan Privasi ini, maka Danacita akan memberitahukan Anda baik melalui alamat email atau dengan memberikan pemberitahuan pada Situs Kami.

Hubungi Kami: apabila Anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini atau untuk berkomunikasi Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami, silakan menghubungi Kami pada privacy@danacita.co.id.